Selasa, 02 Februari 2016

Bahagia dengan Cara Sederhana



Pengen bahagia? Dua kuncinya, sabar dan syukur. Bila dua kunci itu telah dipegang, sabar dan syukur  telah menjadi karakter kita, niscaya kebahagiaan akan senantiasa menghampir. Kita dapat berbahagia dengan cara-cara yang sangat sederhana, murah, bahkan tanpa biaya.
Tersebab bahagia tak jauh dari syukur dan sabar, maka segala hal di sekeliling kita dapat mendatangkan kebahagiaan. Kenikmatan-kenikmatan yang Allah berikan kepada kita tentu akan mendatangkan kebahagiaan. Apa lagi bila kita syukuri dengan sepenuh penghayatan. Sedangkan ketidaknyamanan atau kesulitan yang kita hadapi juga mendatangkan kebahagiaan bila kita mampu menghadapi dan melewatinya dengan sabar.
Ketika rasa bersyukur kepada Allah meningkat, maka, sungguh kebahagiaan akan mudah kita peroleh. Suatu ketika saya pernah menangis bahagia, ketika pertama kali merasakan makan siang atas usaha sendiri. Bahkan saya sempat melelehkan air mata syukur, hanya karena suatu malam melihat kerlip cahaya kecil yang memantul di tanah. Masya Allah, luar biasa kehidupan yang Allah ciptakan, dzikirku saat itu.
Maka  untuk menjadi bahagia tak harus menunggu kaya-raya. Menjadi bahagia tak harus meraih jabatan tinggi dalam pemerintahan atau sebuah perusahaan bonafit. Bahagian bukan berarti harus menikahi gadis cantik bagi seorang lelaki, atau dipinang pria tampan untuk seorang perempuan. Pun memiliki rumah yang luas dan indah, mobil mewah, juga gatget-gatget tercanggih bukan merupakan syarat untuk menjadi bahagia.
Banyak cara sederhana untuk menjadi bahagia dan lebih bahagia lagi. Luangkan waktu untuk tersenyum misalnya, insya Allah, membuatmu bahagia. Bila tak percaya, coba saja! Yuks senyum… (-_-). Di samping itu, kita dapat mensyukuri nikmat minum air putih yang menyegarkan, menikmati datangnya hujan, berolahraga, mengunjungi saudara, membantu orang mengangkat beban, memberi tambahan penghasilan bagi seorang tukang becak (bersedekah), berbagi kisah hikmah dengan anak-anak dan sebagainya, membaca, menulis. Ah, betapa banyak cara sederhana untuk menjadi bahagia, dan lebih bahagia lagi.


Artikel terkait

0 komentar :

Posting Komentar